Kamis, 10 Januari 2013

Macam-macam Virus Yang Menyerang Android


Macam-macam Virus Yang Menyerang Android

android
Virus, Malware atau sejenisnya adalah ancaman sehari-hari yang menghantui dalam dunia teknologi khususnya serangan pada komputer, notebook dan gadget.

Di bawah ini terdapat list delapan jenis virus yang dapat membahayakan para pengguna Android, mereka adalah:

1. Aplikasi bank palsu yang diunggah pengguna yang memakai nick Droid09 pada tahun 2009, ini merupakan aplikasi phising yang tujuannya adalah mencuri informasi penting seperti userid dan password untuk transaksi perbankan, walaupun aplikasi ini telah terhapus tetapi tidak ada salahnya untu tetap waspada terhadap aplikasi online perbankan yang palsu.

2. Android.PjappsM, selain mengirimkan pesan SMS berbayar yang mahal, program jahat ini juga mencuri informasi penting dari perangkat yang terinfeksi untuk dipakai menyerang perangkat yang lain.

3. Android.Geinimi, trojan yang berasal dari situs pengunduh di Cina yang berasal dari program permainan atau game dan merubah perangkat yang terinfeksi menjadi sebuah botnet untuk menyerang perangkat lain.

4. AndroidOS.FakePlayer, serangan virus yang menimpa para pengguna Android di Rusia, dengan penampakan seperti player sebuah multimedia program jahat ini akan mencuri informasi dari perangkat yang terinfeksi.

5. DroidDream atau Android.Rootcager, program jahat ini mengubah perangkat yang terinfeksi menjadi botnet, menembus sistem keamanan Android, dan mencuri data informasi korban. Setidaknya virus ini menyerang 60 aplikasi yang berada pada market Android dan menjadi perhatian serius pada penelitian Mobile Threat Report dari Lookout.

6. Android.Bgserv, trojan ini adalah aplikasi pembersih DroidDream yang palsu dan muncul berbarengan dengan pembersihan DroidDream yang dilakukan oleh Google, program jahat ini mencuri nomor telepon dan nomor IMEI untuk diunggah ke server yang berada di Cina.

7. GGTracker, program jahat ini akan menampilkan Android Market dengan versi web mobile, penipuan yang dilakukan adalah dengan meminta korban untuk mengunduh aplikasi penghemat baterai, namun setelah selesai di install, program jahat ini akan mengirimkan SMS premium yang bertarif US$ 40 / SMS.

8. DroidKungFu, virus yang menyerang melalui serangan update aplikasi, caranya adalah dengan membuat aplikasi yang sah dan menyisipkan virus pada aplikasi updatenya.

Itulah mungkin beberapa virus yang menyerang Android yang dapat diinformasikan, mungkin jika diantara pembaca ada yang ingin menambahkan atau melengkapinya silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar